Oleh: Puhawang | Desember 27, 2010

Titik-titik refleksi pada tangan


meridian tangan

Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi Keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.

Menurut ilmu tradisional cina didalam tubuh kita terdapat 12 jalur Meridian, yang masing-masing berhubungan dengan organ ditubuh kita. 6 Meridian melewati tangan kita, yaitu meridian paru-paru, jantung, selaput jantung, usus besar, usus kecil dan meridian tripemanas.

1. Meridian paru-paru.

Dimulai dari titik disisi luar atas ibu jari tepat dibawah kuku ibu jari. Melintasi gunung-gunung jempol. Jalur ini berhubungan dengan paru-paru dan saluran pernafasan. Bila dipijat terasa sakit berarti si penderita terkena flu, asma, infeksi saluran dan lain-lain. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernafasan yang kanan sedang sakit. Begitu pula sebaliknya.

2. Meridian  jantung.

Di mulai dari titik yang terletak dibawah kuku kelingking sebelah dalam. Melintasi gunung-gunung dibawah jari kelingking. Jalur ini berhubungan dengan jantung dan peredaran darah. Bila dipijit sakit berarti penderita terkena penyakit ginjal atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal, ngompol, rasa tidak enak dalam dada, berdebar-debar, pusing, pikiran tegang.

3. Meridian selaput jantung

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari tengah melintasi telapak tangan bagian tengah. Jalur ini mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah, usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien dalam keadaan gelisah, sakit mulut, sakit perut, juga sakit kelainan pada limpa.

4. Meridian usus besar

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari telunjuk melewati pungggung tangan. Bila dipijit sakit berarti pasien menderita sistem pencernaan yang kurang baik, pundak dan bahu terasa nyeri, sakit kepala depan, sakit dipinggang, bokong dan paha.

5. Meridian usus kecil

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah luar melewati punggung tangan sebelah luar. Jalur ini berhubungan dengan usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien mengalami sembelit, sakit dibagian perut, sakit bagian kepala belakang, nyeri lengan.

6. Meridian tri pemanas

Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari manis. Mengatur sistem lymfe dan sistem hormonal. Bila titik dijalur ini dipijat sakit berarti menderita suhu badan yang panas atau dingin, migrain, nyeri dada, kolik kandung empedu.

Sumber: http://sehatharmoni.com

http://www.wikipedia.org

 

Artikel terkait:

  1. Tips Mencegah Kram Jari Kaki (via lintashambatan Blog)
  2. Titik Refleksi kaki
  3. Diagnosa penyakit dari jari kuku tangan
  4. Sensor penyakit melalui jari tangan (part 1)
  5. Pijat nikmat usir stress (via viva news)
  6. Pijat tangan untuk relaksasi
About these ads

Responses

  1. ini tangan yang kiri / yg kanan ya mas?

  2. ilmu baru.. trima kasih banyak..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.333 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: