SENAM JARI


Jari sangat berperan penting kaitannya dengan hobby kita, baik dalam hal olah raga, bermusik, memainkan game, dll. Jari digunakan untuk memegang, merasakan sentuhan, mencubit, memijat, dan menggosok. Struktur dari jari itu sendiri adalah daging/otot dan tulang serta beberapa sensornya.

Karena jari terdiri atas otot, maka wajar jika suatu saat akan terjadi kram, kesemutan, ataupun memar otot pada jari. Untuk menghindari kejadian itu, diperlukan pemanasan dan pelemasan sebelum melakukan aktivitas hobby kita. Beberapa gerakan jari bisa dilakukan seperti mengibas-ngibaskan jari, menggenggam dan memekarkan jari, serta menggunaan alat bantu senam jari.

Hand grip digunakan untuk melatih jari secara keseluruhan dan tidak secara satu-persatu. Dengan melatih otot tangan, dapat dipastikan kita akan mempunyai reflek yang bagus saat memainkan game dan olahraga.

Xtensor mempunyai fungsi yang sama dengan hand grip, dan Xtensor juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang biasa terjadi pada jari dan tangan. Bentuk Xtensor berbeda dengan yang lain karena setiap jari tangan menarik tali yang di hubungkan dengan pegas yang berada dalam alat yang berupa persegi panjang pada genggaman tangan.

Grip master banyak dipakai oleh pemain alat musik guitar dan piano, karena alat ini melatih otot pada setiap jari untuk menekan tuts atau dawai alat musik yang kita mainkan. Selain meningkatkan kekuatan otot jari, gripmaster juga dapat menambah kecepatan (speed) dalam memainkan alat musik.


Senam Jari pada Guitar

Tujuan dari senam jari adalah untuk menguatkan otot jari dan membuat familiar jari dengan tekanan yang akan kita terapkan dalam menekan senar pada fretboard.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam senam jari adalah:

  1. Waktu luang yang bebas gangguan ==> dalam melakukan senam jari, kita harus fokus pada senam itu sendiri. Meskipun tidak terlalu lama dalam melakukan senam jari, asalkan fokus pasti hasilnya dapat terasa dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  2. Alat bantu senam jari ==> dapat menggunakan Gripmaster, hand grip, Xtensor, bahkan pemberat jari tradisional. Tujuannya adalah membiasakan jari untuk menanggung beban.
  3. Pengatur tempo ==> Latihan dilakukan dalam tempo yang rendah sesuai kemampuan kita, dan nanti ditambah berkala sesuai perkembangan.
  4. Mempraktekan pada guitar ==> Selain menggunakan alat bantu senam jari, jari harus terbiasa dengan alat musik gitar. Karena otak juga memerlukan latihan sinkronisasi tangan kanan-kiri (pada senam jari, tangan dilatih satu-persatu).
  5. Disiplin ==> Senam jari dilakukan berkala dengan waktu yang ditentukan dan terjadwal.

Download software untuk senam jari dan latihan guitar:

  1. Metronome (pengatur tempo)
  2. Fruty Loop (drum mesin)
  3. AIMP player (pemutar audio video)
  4. Audio Video Codec Pack (Pembaca file audio video)

Responses

  1. ok boleh makasih….

  2. wah,saya jg lg ada mslh nih,ama jari kiri saya.kyk ga ada tenaganya.main gitar,suaranya jd ga jelas.main biola,jarinyajd ga nyampe… kk ku beliin hand grip, tp tgnku kok ga kuat makenya ya? apa itu bisa di atur kencangnya? terima kasih

    • alat untuk melatih kekuatan jari seperti gripmaster dan varigrip….

  3. tanks gan tipsnya. ok bnget.

  4. blh di coba dirmh

  5. bisa beli dimana xtensor dan gripmaster?

  6. Tipsnya bagus nih gan.. Btw,kalo beli Hand grip daerah JKT dmana ya?harga brpaan tuh?thx gan

    • browsing aja di internet Gan… temenku kemarin beli… ada kok di internet… selamat mencari… SMANGAD!!!

  7. Sya sudah sering menggunakan hand grip.. Dan efekx sngat bagus buat jari sy

    • Memang Hand grip dirancang untuk itu…. selain hand grip, harus diimbangi dengan berlatih gitar ya… se-pengalaman Saya, hasilnya akan sangat bagus kalau latihan hand grip + latihan gitar… SMANGAD !!!

  8. Blog Walking i like in blog

  9. mantab tipsnya, makasih telah berbagis, sangat bermanfaat, terutama bagi yang sedang belajar seperti saya, salam kenal ya…..

  10. thanks buat sharenya, ane baru tau kalau jari perlu senang juga nih

    • perlu Gan, seperti kegiatan olahraga lainnya. Harus ada senam pemanasan sebelum mulai melakukan olah raga :)
      Sering2 berkunjung Gan :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.335 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: