Oleh: Puhawang | Desember 17, 2010

jari tangan manusia


jari-jari tangan

jari tangan manusia

Semua mahluk hidup tidak mesti punya jari, dan hanya manusia yang selalu punya jari baik jari tangan maupun jari kaki. Jari merupakan bagian tubuh yang berfungsi membantu tugas manusia dalam melakukan aktivitasnya, tentunya untuk pekerjaan yang bersifat motorik.

Jari tangan terdiri dari sekelompok ruas tulang yang dibungkus daging atau otot. Jari tangan digunakan hampir untuk seluruh pekerjaan manusia seperti mengetik, mengusap, mencabut, memukul, makan, minum dan lain-lain yang termasuk pekerjaan inti manusia dan dilakukan dalam keseharian.

Bagian dari jari tangan manusia adalah sebagai berikut:

bagian jari

bagian jari manusia

  1. Jempol: berbeda dengan jari yang lain karena tempatnya agak sedikit mundur ke belakang, memiliki ruas jari lebih sedikit dan agak pendek. Digunakan untuk memegang suatu benda dan menekannya ke bagian jari yang lain.
  2. Jari Telunjuk: Merupakan jari yang digunakan untuk menunjukkan atau mengisyaratkan sesuatu dan merupakan jari yang sangat penting dalam kegiatan menulis, memainkan alat musik, dll.
  3. Jari Tengah: dinamakan jari tengah memang letaknya tepat di tengah antara 4 jari yang lain. Merupakan jari terpanjang daripada jari yang lain.
  4. Jari Manis: Terletak diantara jari kelingking dan jari tengah. Biasanya juga dipasang cincin di jari manis.
  5. Jari Kelingking: Jari yang letaknya di pinggir sendiri dan panjangnya hampir sama dengan Jempol tapi bentuknya lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: