Oleh: Puhawang | Januari 4, 2011

Sidik Jari merupakan Identitas manusia?


sidik jari

Setiap manusia yang terlahir di Bumi mempunyai sidik jari yang berbeda walaupun ada yang terlahir kembar. Berarti ada milyaran sidik jari yang berbeda mulai dari awal kehidupan manusia sampai sekarang ini. Sidik jari merupakan identitas bagi setiap manusia, karena kalau bentuknya ditarik seperti garis lurus maka bentuknya tampak seperti Barcode.

Dalam Al-Qur’an ditekankan juga secara khusus tentang sidik jari manusia: “Apakah manusia tidak mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-beluangnya? Ya, Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna.” (Al-Qur’an, 75:3-4)

Makna yang terkandung pada “Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna” adalah Allah mampu menyusun kembali raga manusia setelah kematian bahkan sampai ujung jari-jari manusia yang terdapat sidik jari sebagai identitas bagi setiap manusia.

Pada kehidupan manusia, sidik jari digunakan untuk membuat KTP, surat pernyataan/perjanjian, Surat keterangan Polisi, dan untuk mencari pelaku kejahatan juga di cari sidik jari pelakunya.

Manusia mengenal keunikan sidik jari dan kegunaannya pada abad ke-19, sebelumnya sidik jari merupakan lengkungan-lengkungan tanpa makna. Sedangkan Al-Qur’an telah lama mengisyaratkan bahwa sidik jari mengandung makna tertentu yang sekarang banyak digunakan untuk kepentingan manusia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: