Oleh: Puhawang | Januari 12, 2011

Teknologi: Hubungan Test IQ-Sidik jari


fingerprint analysis iq test

Pada tahun 1983 developmental psychologist Amerika Dr Howard Gardner berpendapat bahwa konsep kecerdasan tradisional didefinisikan dalam psikometri (tes IQ) tidak cukup menggambarkan berbagai kemampuan kognitif manusia. Teorinya dinamakan ‘Multiple Intelligence’ (MI). Beberapa tahun yang lalu  teori Gardner menjadi terkenal dan menghasilkan produk bernama DMIT (Dermatoglyphics Multiple Intelligence Test).

Asal-usul uji DMIT dikembangkan di Taiwan, dan tersedia di berbagai negara Asia sebagai produk waralaba. Produk mengklaim menjadi produk ilmiah yang difokuskan pada penilaian ‘multiple intelligences’ anak-anak muda. Pada dasarnya, produk menunjukkan bahwa seseorang dapat menilai kecerdasan ganda Gardner melalui 10 sidik jari tangan Anda. Dan asumsi yang dibuat bahwa setiap jari dihubungkan dengan 5 lobus otak belahan (lihat gambar di bawah).

Apakah DMIT merupakan test yang valid?

Sejauh ini tampaknya tidak ada penelitian publik yang tersedia untuk menjawab pertanyaan ini – meskipun pembaca yang cerdas bisa mengenali dari titik ini semata-mata petunjuk tentang sifat yang dinamakan ‘uji ilmiah’ disebut.

Teori Gardner menjelaskan hanya delapan tipe dasar intelijen hingga saat ini – meskipun tanpa mengklaim bahwa ini adalah daftar lengkap. Daftar asli Gardner hanya memasukkan tujuh dari ini, tetapi pada tahun 1999 ia menambahkan kecerdasan naturalis. Ia juga dianggap kecerdasan eksistensial dan kecerdasan moral, tetapi tidak menemukan bukti yang cukup untuk ini berdasarkan kriteria diartikulasikan nya.

Howard Garnder’s ’multiple intelligences’:

More detailed considerations + links to GeneCode & ThumbRule DMIT websites are available at the Modern Hand Reading Forum:

IQ TEST: Does your intelligence correlate with your fingerprints & dermatoglyphics?

Sumber: http://handfacts.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: