Oleh: Puhawang | Februari 7, 2011

Salam tiga jari


salam tiga jari

Salam tiga jari sangat kental terdengar pada band pengusung lagu metal dan rock. Untuk menyapa penonton, artis mengacungkan tangan dengan 3 jari mengacung dan yang lainnya ditekuk. Salam tiga jari populer sejak bermunculannya band-band metal pada era tahun 70-an dan pertama kali dipopulerkan oleh Ronnie James Dio yang kala itu menjabat sebagai vokalis Black Sabbath.


Menurut pengakuan Ronnie James Dio, ia meniru ‘salam tiga jari’ ini dari neneknya yang sering menggunakan malocchio ini sebagai sarana untuk mengusir setan atau kekuatan jahat penyihir. Kalau kita melihat berdasarkan pengakuan Dio, berarti ada hubungan antara ‘salam tiga jari’ dengan hal-hal yang berbagu magic/mistic.

Di Eropa sudah ratusan tahun yang lalu mengenal simbol tangan yang jari telunjuk dan kelingkingnya membentuk tanduk ini. Istilah asing untuk simbol ini dikenal dengan sebutan malocchio, berguna untuk mengusir setan dan kekuatan sihir jahat. Bram Stocker dalam novel mashyurnya, Dracula (1897) sudah memasukkan simbol ini pada salah satu bab isi cerita.

Awalnya ‘tanda’ ini memang digunakan dalam konteks yang berbau magis. Ada yang bilang kalau ‘tanda’ ini harus dibuat setiap kali orang ingin terhindar dari malapetaka sementara yang lain mengatakan kalau tanda ini bisa menghilangkan kekuatan penyihir yang biasanya menggunakan sorotan matanya untuk mengutuk seseorang.

Konon, ‘tanda’ yang juga dikenal dengan berbagai nama seperti maloik, devil sign, devil horns, goat horns, metal horns, death fist, horns up, slinging metal, metal sign, sticks up, throwing the goat, rocking the goat, sign of the goat, throwing the horns, evil fingers, the horns, forks, metal fist, satan salute dan jackal ini sempat dibawa ke kultur populer oleh Anton LaVey yang menjadi pendiri sekaligus pemimpin agung Church of Satan meski tak jelas kapan tepatnya.

Namun ada beberapa catatan sejarah yang menunjukkan awal siapa-siapa saja yang menunjukkan salam tiga jari. Diantaranya: mendiang John Lennon, pada tahun 1969, di kantong album Yellow Submarine sudah menampakkan ‘salam’ ini. Kemudian pada tahun 1971, Terry Butler (Black Sabbath), menunjukan salam ini saat pemotretan album. Gene Simmons, pentolan band KISS, pada tahun 1977, juga mempertontonkan salam yang sama pada sampul album mereka, LOVE GUN. Di tahun yang sama dengan KISS, Frank Zappa pun tidak mau ketinggalan mengangkat jari tangannya membentuk salam tiga jari, bukan dalam album lagu tetapi pada salah satu adegan film: BABY SNAKES ….

Sumber: Wikipedia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: