Oleh: Puhawang | Maret 7, 2011

Pijat Nikmat Usir Stres (via viva news)


pijat tangan

VIVAnews – Stres dapat mengakibatkan banyak efek samping fisik serta meningkatkan perilaku tak sehat, seperti makan terlalu banyak dan malas beraktivitas. Atasi masalah ini dengan pijat sebagai media relaksasi.

“Pijat relaksasi mungkin salah satu cara termudah dan terbaik, tidak hanya mengatasi stres, tetapi membuat Anda sehat dalam jangka panjang,” kata Winston Moore, terapis pijat bersertifikat di Pijat Envy, Amerika Serikat.

Menurutnya, pijat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, dan menurunkan tekanan darah. Jika tak sempat pergi ke klinik pijat, coba ikuti beberapa tips sederhana berikut, seperti dikutip dari Times of India:

– Jika Anda mengalami sakit kepala akibat stres, coba tekan titik yang terletak di area tengah segitiga antara jempol dan telunjuk. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk berlawanan untuk menekan titik ini. Berikan tekanan kuat selama sekitar 10-20 detik. Ulangi di sisi berlawanan. Lakukan beberapa kali sampai sakit kepala berkurang.

– Sakit kepala di bagian belakang juga bisa diredakan dengan pijat. Caranya, di kedua sisi tulang belakang Anda, tepat di bawah tulang bulat di dasar tengkorak Anda, lakukan tekanan di sini dengan ibu jari atau jari telunjuk untuk hitungan lambat sampai 10. Lakukan ini beberapa kali.

– Cuping Telinga juga memiliki titik-titik tekanan yang dapat menghilangkan rasa sakit kepala dan memiliki efek menenangkan pada tubuh. Anda bisa ambil kedua lobus telinga Anda antara ibu jari dan jari telunjuk, lalu meremas sambil menariknya dengan kuat. Tetapi, jangan sampai menyebabkan rasa sakit.

Lakukan ini selama 20 detik pada suatu waktu sampai Anda merasa tenang. Lakukan pernapasan lambat masuk dan keluar melalui hidung, dan memperluas pernapasan perut, bukan dada.

– Banyak dari kita menyimpan ketegangan di leher dan bahu, yang bisa meningkat ketika berada di depan komputer untuk jangka waktu lama. Coba mengangkat bahu setinggi telinga dan menahan selama lima detik. Kemudian drop bahu serendah mungkin dan tahan selama lima detik.

Ulangi ini beberapa kali, kemudian ikuti dengan gerakan lingkaran bahu lambat di kedua arah. Ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, dan memungkinkan otot-otot Anda untuk bersantai.

– Stres dapat memainkan peran besar dalam kualitas tidur Anda. Jika Anda sulit tidur, cobalah menggunakan bola tenis untuk membantu peregangan otot-otot tegang.

Sambil berbaring menghadap ke atas di tempat tidur tanpa bantal, tempatkan bola tenis di belakang kepala, tepat di lekuk leher. Berbaringlah selama 10-15 menit sebelum tidur. Segera tidur setelah melakukan terapi ini.

– Kaki mengandung banyak ujung saraf yang merujuk ke berbagai bagian tubuh. Anda dapat menikmati pijat kaki santai sambil duduk di meja kerja. Lepaskan sepatu Anda dan tempatkan bola golf di lantai. Putar kaki di atas bola golf sambil menerapkan tekanan.

Hal ini membantu melepaskan ketegangan pada otot dan tendon kaki. Titik-titik tekanan pada kaki juga dapat memacu relaksasi. Ulangi selama sekitar lima menit untuk membantu meredakan ketegangan tubuh Anda.

 

Artikel terkait:

  1. Titik refleksi kaki
  2. Pijat tangan untuk relaksasi
  3. Titik refleksi pada tangan

Responses

  1. […] Pijat Nikmat Usir Stres […]

  2. […] Pijat Nikmat Usir Stres […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: