Oleh: Puhawang | Maret 15, 2011

Teknik relaksasi genggam jari (finger hold)


teknik relaksasi genggam jari (finger hold)

Teknik Genggam jari adalah cara yang sangat mudah untuk mengendalikan emosi. Emosi dan perasaan adalah seperti ombak energi yang bergerak melalui badan, pikiran dan jiwa kita. Di setiap ujung jari kita merupakan saluran masuk dan keluarnya energi atau dalam istilah ilmu Akupunktur disebut miridian (energy channel) yang berhubungan dengan organ-organ di dalam tubuh kita serta dan emosi yang berkaitan. Perasaan yang tidak seimbang, misal sedih, takut, marah yang berlebihan bisa menyumbat atau menghambat aliran energi, yang mengakibatkan rasa nyeri atau perasaan sesak serta tidak nyaman di tubuh kita. Menggenggam jari sambil menarik napas dalam-dalam dapat mengurangi dan menyembuhkan ketegangan fisik dan emosi, karena genggaman pada jari akan menghangatkan titik-titik keluar dan masuknya energi pada meredian yang terletak pada jari tangan kita, sehingga sumbatan di jalur energi menjadi lancar.

Teknik genggam jari ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita berada dalam keadaan yang sulit, merasa marah, tegang, takut atau ingin menangis tanpa sebab, jari bisa digenggam untuk membawa rasa damai, fokus dan nyaman sehingga kita bisa menghadapi keadaan dengan perasaan lebih tenang dan mampu membuat keputusan dengan kepala dingin. Teknik ini bisa juga dilakukan untuk relaksasi dengan musik yang berirama lembut, atau dilakukan sebelum tidur bagi yang mengalami masalah insomnia. Teknik ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja: ketika menunggu seseorang, dalam perjalanan, maupun ketika menghadapi masalah. Latihan ini dapat dikerjakan sendiri. Bagi yang sedang dalam keadaan depresi atau mengalami keterbatasan fisik (sakit keras, lumpuh, manula), serta balita yang tidak mampu mengerjakan sendiri, bisa dibantu oleh orang lain.

Hubungan Jari dan Emosi
Menurut teori Akupunktur, setiap jari merupakan jalur keluar masuknya energi dan berhubungan dengan emosi tertentu. Ada banyak titik-titik di sekitar jari tangan serta telapak tangan. Apabila sedang terjadi gangguan kesehatan di organ tertentu, maka ada beberapa titik di jari tangan yang sangat nyeri apabila dipijat. Ternyata setiap jari mempunyai hubungan yang berbeda dengan emosi kita.

Ibu jari berhubungan dengan perasaan sedih, ingin selalu menangis, dan merasa merana.
Jari telunjuk berhubungan dengan perasaan takut, panik, merasa terancam dan tidak nyaman.
Jari tengah berhubungan dengan perasaan marah, benci, dan kecewa.
Jari manis berhubungan dengan perasaan cemas dan kuatir.
Jari kelingking berhubungan dengan perasaan rendah diri dan kecil hati.

Dan apabila Anda sedang memijat-mijat jari tangan Anda dan menemukan beberapa titik yang nyeri, pijatlah dengan lembut sampai rasa nyeri berkurang. Memijat akan melancarkan energi di tempat yang terjadi sumbatan. Pijatan bisa diganti dengan genggaman yang memberi efek ketenangan dan rasa nyaman dan tidak menyebabkan rasa nyeri seperti kalau Anda memijat jari yang sedang mengalami ketidakselarasan energi. Genggaman memberi kehangatan, dan kehangatan juga dilakukan di teori akupunktur yang disebut moksibasi.

Cara melakukan Teknik Genggam Jari:
Peganglah tiap jari mulai dari ibu jari selama 2-3 menit. Anda bisa menggunakan tangan yang mana saja. Tarik napas yang dalam dan lembut. Hembuskanlah napas secara perlahan dan lepaskan dengan teratur. Ketika menarik nafas, hiruplah bersama rasa harmonis, damai, nyaman dan kesembuhan. Ketika menghembuskan napas, hembuskanlah secara perlahan sambil melepaskan perasaan dan masalah yang mengganggu pikiran dan bayangkan emosi yang mengganggu tersebut keluar dari pikiran kita dan masuk ke dalam bumi. Sekarang pikirkanlah perasaan-perasaan yang nyaman dan damai, sehingga Anda hanya fokus pada perasaan yang nyaman dan damai saja.

Sering kali ketika sedang menggenggam jari, Anda merasakan denyutan yang cukup keras di setiap jari Anda. Hal ini menunjukkan keadaan emosi yang sedang kurang seimbang sehingga jalur energi terhambat dan kurang lancar. Ketika energi yang tersumbat menjadi lebih lancar, maka denyutan di setiap jari akan melembut dan perasaan akan menjadi lebih tenang dan seimbang. Setelah denyutan menjadi lebih ringan, Anda bisa memindahkan gengaman pada jari selanjutnya secara berurutan.

Anda juga bisa melakukan teknik genggam jari untuk orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Teknik ini sangat membantu anak kecil yang sedang gelisah dan rewel, atau sedang sakit. Juga Anda bisa menggunakannya untuk orang yang sedang dilanda deresi atau trauma berat, serta orang sakit keras dalam keadaan kritis atau hampir meninggal.

Seorang guru di Ambon, ketika menemukan murid-muridnya bertengkar atau mengganggu di kelas, ibu guru tersebut ‘menghukum’ murid-muridnya dengan jalan duduk di lantai sambil menggenggam jari. Menurutnya, setelah sering anak didiknya melakukan teknik genggam jari, maka emosi mereka lebih tenang dan mereka jarang mengganggu di kelas lagi. Ketika saya mengadakan lokakarya relaksasi, pada sesi genggam jari ini terkadang beberapa peserta meneteskan air mata karena melepas emosi yang terpendam atau ada yang mengantuk luar biasa, dan banyak yang mengatakan perasaan mereka lebih tenang. Mengantuk adalah salah satu efek relaksasi. Sehingga bila Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah melakukan teknik sederhana ini.

Teknik genggam jari ini mudah dilakukan memberikan rasa nyaman. Jadi, pada saat Anda menunggu seseorang, sedang ingin marah, panik, atau mengalami insomnia, tidak ada salahnya Anda mencoba teknik genggam jari yang mudah dilakukan di mana saja, kapan saja, yang memberikan rasa nyaman dan damai.

Selamat mencoba.

Thanks to Emmy Liana Dewi

Artikel terkait:

  1. Fakta menarik seputar jari telunjuk dan jari manis
  2. Diagnosa penyakit dari kuku jari tangan
  3. Titik-titik refleksi pada tangan
  4. Pijat Tangan untuk Relaksasi
  5. titik refleksi kaki
  6. Pijat Nikmat Usir Stres

Responses

  1. finger hold yang asli giimanaa menggenggam tangan tiap1 jari atau melakukan pijatan ????????
    soalnya genggam jari iini syaa buka literaturenya berbeda2

  2. […] paste by https://jarijaritangan.wordpress.com/2011/03/15/teknik-relaksasi-genggam-jari-finger-hold/ […]

  3. […] paste by  https://jarijaritangan.wordpress.com/2011/03/15/teknik-relaksasi-genggam-jari-finger-hold/ […]

  4. Praktekin dulu ah…😀

    Oh iya, boleh tau ga, bagaimana cara membuat ‘Artikel terkait:’ seperti itu?😮

    • di tulis ndiri Bro, Judulnya di ketik trus d kasih link….

  5. wuaah, all about fingers and hand..
    keren bro..

    • iya terima kasih Bro🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: